Surat Al Maidah ayat 15 – 16

Surat Al Maidah ayat 15 – 16

Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan(Q.S-5:15). Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus(Q.S-5:16)

ALLAH MENJELASKAN KEBENARAN DENGAN RASUL DAN AL-QUR’AN

Allah Ta’ala menyampaikan tentang diriNya bahwa Dia telah mengutus Rasul-Nya, Muhammad S.A.W dengan membawa petunjuk dan agama yang benar kepada semua penduduk bumi, baik Arab maupun ‘Ajam (non Arab), baik yang tidak bisa baca tulis maupun yang bisa baca tulis. Dia mengutusnya dengan membawa bukti dan pembeda antara yang baik dan yang bathil. Dia berfirman:
“Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya“. Yakni dia menjelaskan bagian dari al Kitab yang telah diubah, diselewengkan, dan ditakwilkan. Rasul itu pun menjelaskan kedustaan atas nama Allah yang telah diadakan oleh mereka. Rasul itu pun mendiamkan banyak hal dari apa yang telah mereka ubah, namun tidak berguna menjelaskannya.

Al Hakim meriwayatkan dalam al-Mustadrak dari Ibnu ‘Abbas r.a, ia mengatakan,”Barang siapa yang mengingkari hukum rajam, maka ia telah mengingkari Al Quran dari arah yang tiada disangka-sangka, yaitu firman-Nya, ‘Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi al Kitab yang kamu sembunyikan.” Dan rajam termasuk perkara yang mereka sembunyikan. Kemudian Al Hakim mengatakan, “Shahih sanadnya, dan keduanya tidak mengeluarkannya.”

Kemudian Allah mengabarkan tentang Al Quran yang diturunkanNya kepada Nabi-Nya lewat firmanNya:
“Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan“. Yakni jalan-jalan keselamatan dan istiqomah.

Dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.”  Yakni menyelamatkan mereka dari kebinasaan dan menjelaskan kepada mereka jalan yang paling jelas, dengan memalingkan mereka dari larangan dan menyampaikan mereka pada perkara yang paling mereka sukai, menjauhkan kesesatan dari mereka dan menunjukkan mereka kepada keadaan yang paling lurus.

Sumber : Kitab Shahih Ibnu Katsir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>